alexametrics

广东快乐十分 中奖概率

  • <tr id='PVBsR4'><strong id='PVBsR4'></strong><small id='PVBsR4'></small><button id='PVBsR4'></button><li id='PVBsR4'><noscript id='PVBsR4'><big id='PVBsR4'></big><dt id='PVBsR4'></dt></noscript></li></tr><ol id='PVBsR4'><option id='PVBsR4'><table id='PVBsR4'><blockquote id='PVBsR4'><tbody id='PVBsR4'></tbody></blockquote></table></option></ol><u id='PVBsR4'></u><kbd id='PVBsR4'><kbd id='PVBsR4'></kbd></kbd>

    <code id='PVBsR4'><strong id='PVBsR4'></strong></code>

    <fieldset id='PVBsR4'></fieldset>
          <span id='PVBsR4'></span>

              <ins id='PVBsR4'></ins>
              <acronym id='PVBsR4'><em id='PVBsR4'></em><td id='PVBsR4'><div id='PVBsR4'></div></td></acronym><address id='PVBsR4'><big id='PVBsR4'><big id='PVBsR4'></big><legend id='PVBsR4'></legend></big></address>

              <i id='PVBsR4'><div id='PVBsR4'><ins id='PVBsR4'></ins></div></i>
              <i id='PVBsR4'></i>
            1. <dl id='PVBsR4'></dl>
              1. <blockquote id='PVBsR4'><q id='PVBsR4'><noscript id='PVBsR4'></noscript><dt id='PVBsR4'></dt></q></blockquote><noframes id='PVBsR4'><i id='PVBsR4'></i>
                Jawa Pos Belah Durian

                Durian Gencono Lumajang: Unik dan Warna Cerahnya Cocok buat Selfie

                12 Januari 2020, 13:22:03 WIB

                Terletak di lereng Gunung Semeru, Dusun Gencono begitu kesohor akan duriannya. Beragam varietas lokal unggulan ada di sana. Yang lebih unik, jenis itu punya satu maskot.

                KABUPATEN?Lumajang pantas disebut sebagai salah satu ”surganya” para pencinta durian. Sedikitnya sembilan kecamatan di kabupaten yang berada di lereng Gunung Semeru itu yang bisa jadi tempat berburu buah berjuluk banned fruit tersebut.

                Salah satu sentra penghasil durian yang sangat terkenal di kabupaten itu adalah Dusun Gencono, dusun yang ada di Kecamatan Pasrujambe. Berbagai jenis durian lokal ada di sana.

                Karena itu pula, durian lokal di sana tidak punya nama khusus. Semuanya dilabeli durian gencono. Kualitas dan beragam keunikannya membuat durian asli dusun tersebut jadi favorit para penggemar.

                Salah satu keunikan durian asli Gencono adalah variasi rasanya. Durian itu punya varian rasa. Ada manis pekat, manis sedikit pahit, hingga manis pahit. Pembeli bisa memilih sesuai selera yang diinginkan. Para penjual biasanya tinggal mencarikan permintaan itu. ”Penjual sudah tahu mana yang rasanya manis pahit atau manis saja,” kata Inggit Eka Subarja, seorang penjual sekaligus petani.

                Tekstur durian itu juga menggiurkan penggemarnya. Saat dipegang, daging buah terasa begitu tebal. Kering di luar dan tampak berlemak. Namun, tetap keset dan tidak terlalu berair.

                Begitu secuil daging buah memasuki mulut, nuansa nyes langsung terasa. Tanpa perlu mengunyah, penikmat durian tersebut ibarat sedang makan krim sup atau kue lumpur. Seolah-olah daging buah mengalir dan turun ke tenggorokan dengan sendirinya. Penikmat tinggal menghidupkan indra aroma dan rasa saja.

                Rasa daging buahnya juga sulit dilupakan. Saat pertama dicoba, rasa manis langsung mendominasi lidah. Setelah itu, penikmat akan mendapati rasa selanjutnya. Ada nuansa gurih tipis, lalu diakhiri pahit yang muncul di pangkal lidah. Sungguh luar biasa. Mata bisa dibuat merem melek. Sensasi itulah yang biasanya membuat penikmatnya senyum-senyum sendiri.

                Keunggulan lain durian itu adalah warna kulitnya. Dominan kuning cerah, tak kalah dengan durian luar negeri. Saking menariknya, durian tersebut punya daya tarik bagi penggemar yang hobi selfie bareng durian.

                Keunikan lain durian asli Gencono adalah kulit daging buahnya yang keriput. Menurut para petani, itu adalah penanda bahwa durian tersebut adalah buah jatuhan dari pohon. Pas lagi masak-masaknya, buah itu lantas jatuh. Benturan dari ketinggian ke tanah itulah yang menciptakan entakan pada daging buah. ”Istilahnya, dagingnya melorot dan menimbulkan bentuk yang keriput. Ini menunjukkan bahwa durian itu benar-benar sudah matang maksimal saat jatuh,” ujar Inggit.

                Ada satu lagi yang menarik dari aneka durian asal Gencono. Saat panen raya, para pencinta durian diajak untuk berburu salah satu maskot durian gencono. Pelangi kirana namanya. Buah dengan warna daging buah semburat jingga kuning dan kemerahan. ”Rasanya manis dengan ukuran daging buah yang tebal dan besar,” jelasnya.

                Untuk bisa mendapat buah maskot itu, para peminat biasanya harus pesan dulu karena hanya ada satu pohon di sana.?

                Editor : Dhimas Ginanjar

                Reporter : */c10/ris


                Close Ads